AKSI NYATA MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Oleh: LAMBERTUS PRAMUDYA WARDHANA
CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGELANG
Kehidupan abad 21 menuntut adanya
keterampilan peserta didik untuk siap menghadapi tantangan yang ada.
Keterampilan tersebut diistilahkan dengan 4
C, yang merupakan singkatan dari Critical Thinking atau
berpikir kritis, Collaboration atau kemampuan bekerja sama
dengan baik, Communication atau kemampuan berkomunikasi,
dan Creativity atau kreatifitas.
Dalam mengajarkan computational thinking di
padukan dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu menyelesaikan tantangan bebras,
pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid juga dapat menumbuhkan
kepemimpinan murid.
Computational
thinking
adalah kemampuan yang memungkinkan kita untuk menganalisis masalah kompleks,
memahami apa masalahnya, dan mengembangkan solusi yang tepat.
Artinya,
dengan computational thinking kita dapat menyajikan solusi dengan cara yang
dapat dipahami oleh komputer, manusia, atau keduanya.
Secara
konsep, terdapat empat pilar dalam computational thinking yang memiliki
tujuan masing-masing.
1. Dekomposisi, yaitu memecahkan masalah atau sistem kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diatur.
2. Pengenalan pola dengan mencari persamaan di antara dan di dalam masalah.
3. Abstraksi yang berfokus pada informasi penting saja, mengabaikan detail yang tidak relevan.
4. Algoritma, yaitu mengembangkan solusi langkah demi langkah untuk masalah tersebut, atau aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan masalah.
Tujuan
computational thinking melatih siswa untuk berpikir kritis, logis, sistematis dan
terstruktur layaknya para software engineer menganalisa kebutuhan
serta merencanakan pengembangan software. Meningkatkan kemampuan problem
solving dalam kehidupan sehari-hari hingga masalah kompleks.
Setelah dirilis rapor
pendidikan sekolah kami masih terdapat PR yang harus diselesaikan salah satunya
adalah kemampuan numerasi baru mencapai kompetensi minimum, untuk literasi
sudah diatas kompetensi minimum. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan
numerasi adalah dengan computational thinking
PERASAAN (FEELING)
Saya bersyukur dan senang
dengan kegiatan ini maka siswa dapat dilatih kemampuan dalam menyelesaikan
masalah dan dapat meningkatkan kemampuan
numerasi siswa sehingga siswa siap menghadapi AKM dan PISA
PEMBELAJARAN
Pembelajaran yang dapat
diambil adalah dengan kolaborasi dari semua pihak dapat memberikan hasil yang
maksimal, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan kemampuan numerasi dapat ditingkatkan dengan belajar computational thinking.
PENERAPAN KEDEPAN (FUTURE)
RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA DEPAN
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa
depan adalah
- Pemetaan aset sekolah agar tahu kekuatan yang dimiliki sekolah
- Menerapkan inkuiri apresiatif tahapan BAGJA
- Melakukan refleksi dan evaluasi setiap kegiatan
- Berkolaborasi dengan stakeholders dan rekan sejawat
- Dukungan dan motivasi dari seluruh stakeholders
Foto-foto kegiatan
Pelatihan Computational Thinking dengan
Komunitas Praktisi yang dibuat nara sumber Biro Bebras Universitas Sanata
Dharma
Siswa menyelesaikan tantangan-tantangan
bebras ( Soal Computational Thinking)
0 komentar:
Posting Komentar