Selasa, 12 Juli 2022

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 AKSI NYATA MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Oleh: LAMBERTUS PRAMUDYA WARDHANA

CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGELANG


Kehidupan abad 21 menuntut adanya keterampilan peserta didik untuk siap menghadapi tantangan yang ada.

Keterampilan tersebut diistilahkan dengan 4 C, yang merupakan singkatan dari Critical Thinking atau berpikir kritis, Collaboration atau kemampuan bekerja sama dengan baik, Communication atau kemampuan berkomunikasi, dan Creativity atau kreatifitas.

Dalam mengajarkan computational thinking di padukan dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu menyelesaikan tantangan bebras, pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid juga dapat menumbuhkan kepemimpinan murid. 

Computational thinking adalah kemampuan yang memungkinkan kita untuk menganalisis masalah kompleks, memahami apa masalahnya, dan mengembangkan solusi yang tepat.

 

Artinya, dengan computational thinking kita dapat menyajikan solusi dengan cara yang dapat dipahami oleh komputer, manusia, atau keduanya.

 

Secara konsep, terdapat empat pilar dalam computational thinking yang memiliki tujuan masing-masing.

1. Dekomposisi, yaitu memecahkan masalah atau sistem kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diatur.

2.    Pengenalan pola dengan mencari persamaan di antara dan di dalam masalah.

3.   Abstraksi yang berfokus pada informasi penting saja, mengabaikan detail yang tidak relevan.

4.   Algoritma, yaitu mengembangkan solusi langkah demi langkah untuk masalah tersebut, atau aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan masalah.





Tujuan computational thinking melatih siswa untuk berpikir kritis, logis, sistematis dan terstruktur layaknya para software engineer menganalisa kebutuhan serta merencanakan pengembangan software. Meningkatkan kemampuan problem solving dalam kehidupan sehari-hari hingga masalah kompleks.

 

Setelah dirilis rapor pendidikan sekolah kami masih terdapat PR yang harus diselesaikan salah satunya adalah kemampuan numerasi baru mencapai kompetensi minimum, untuk literasi sudah diatas kompetensi minimum. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan numerasi adalah dengan computational thinking



 

PERASAAN (FEELING)

Saya bersyukur dan senang dengan kegiatan ini maka siswa dapat dilatih kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan  dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa sehingga siswa siap menghadapi AKM dan PISA

 

PEMBELAJARAN

Pembelajaran yang dapat diambil adalah dengan kolaborasi dari semua pihak dapat memberikan hasil yang maksimal, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan kemampuan numerasi dapat ditingkatkan dengan belajar computational thinking.

 

PENERAPAN KEDEPAN (FUTURE) RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA DEPAN 

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa depan adalah

  1.  Pemetaan aset sekolah agar tahu kekuatan yang dimiliki sekolah
  2.  Menerapkan inkuiri apresiatif tahapan BAGJA
  3.  Melakukan refleksi dan evaluasi setiap kegiatan
  4.  Berkolaborasi dengan stakeholders dan rekan sejawat
  5.  Dukungan dan motivasi dari seluruh stakeholders

Foto-foto kegiatan

Pelatihan Computational Thinking dengan Komunitas Praktisi yang dibuat nara sumber Biro Bebras Universitas Sanata Dharma





Siswa menyelesaikan tantangan-tantangan bebras ( Soal Computational Thinking)




 


 







Related Posts:

  • Sosialisasi Pendataan Kabupaten MagelangBeberapa hal yang perlu di persiapkan oleh satuan pendidikan dalam pendataan.  1. Verifikasi dan Validasi Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Satuan Pendidikan        silahka… Read More
  • Hasil Verval TIK Kabupaten Magelang Dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi dan validasi Teknologi dan Informasi Komputer (TIK) Satuan Pendidikan sebagai instrumen pem… Read More
  • Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 Kabupaten Magelang Materi Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 Kabupaten Magelang dapat dilihat pada link berikut Instrumen verifikasi dapat di download pada link berikutMateri format PDF dapat dilihat pada link berikut… Read More
  • Materi Sosialisasi Verval PD Putus Sekolah dan Lulus Tidak Melanjutkan Verval PD DO & LTM melalui link http://pd.data.kemdikbud.go.id/ATS/Materi verval PD DO & LTM melalui link berikut.Materi Sosialisasi ANBK dapat dilihat pada link berikut https://sway.office.com/RgJJ21R… Read More
  • Merge PTKDalam rangka peningkatan kualitas Data Pokok Pendidikan yaitu pada Entitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan maka Kami melakukan proses Merge PTK. Merge PTK adalah perlakuan sistem untuk menggabungkan data PTK ganda agar menja… Read More

0 komentar:

Posting Komentar