AKSI NYATA MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
LAMBERTUS PRAMUDYA WARDHANA
CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN MAGELANG
A. Latar Belakang
SMP Negeri 2 Muntilan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi di masyarakat dibuktikan dengan pendaftar yang banyak, untuk tahun ini pendaftar SMP Negeri 2 Muntilan adalah 578 siswa dengan kuota 180 siswa. Salah satu penyebab tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat tidak hanya mutu pendidikan, fasilitas pendidikan namun juga karena kepedulian pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelayanan yang prima kepada siswa dan masyarakat.Pelayanan yang prima kepada peserta didik dimulai dengan pembentukan karakter dan pendampingan iman anak sehingga ketika anak 2 tahun kemarin tidak tatap muka dan berkurang budi pekerti dan pembiasaan baiknya dapat ditumbuhkan di lingkungan SMP Negeri 2 Muntilan.
B. Tujuan
Tujuan aksi nyata ini adalah mewujudkan pembelajaran serta pembiasaan yang menumbuhkan karakter dan budi pekerti siswa.
C. Tolok Ukur
Tolok ukur dari inisiasi perubahan ini adalah terbentuknya kebiasaan yang baik dari siswa diwujudkan dalam karakter dan budi pekerti siswa.
D. Dukungan yang Dibutuhkan
Program akan berhasil jika didukung oleh stakeholder sekolah dari kepala sekolah, dewan guru, komite sekolah, tenaga kependidikan, orang tua dan siswa.
E. Linimasa Tindakan yang Dilakukan
PRAKARSA PERUBAHAN | Pengoptimalan lingkungan sekolah untuk mengembangkan karakter dan budi pekerti siswa. | |
TAHAPAN | Pertanyaan | Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban |
B-uat pertanyaan (Define) ● Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang; ● Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan | Bagaimanakah cara yang harus dilakukan kaitannya dengan pengembangan mengembangkan karakter dan budi pekerti siswa?
| 1. Analisis diagnostic karakteristik siswa 2. Membuat pemetaan aset yang ada di sekolah 3. Pembuatan program penumbuhan karakter dan budi pekerti siswa. |
A-mbil pelajaran (Discover) ● Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi; ● Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur |
Apa yang harus diupayakan agar pengembangan karakter dan budi pekerti siswa dapat terlaksana? | 1. Melakukan diskusi bersama pimpinan, dewan guru dan tenaga kependidikan ? 2. Menyusun program yang akan dilaksanakan setiap hari 3. Pembagian tugas sesuai hasil rapat. |
G-ali mimpi (Dream) ● Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; ● Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja). |
Bagaimana siswa dapat berkembang karakter dan budi pekertinya?
| 1. Membuat jadwal pelaksanaan program 2. Melaksanakan sesuai dengan jobdesk masing-masing. |
J-abarkan rencana (Design) ● Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian; ● Menyusun definisi kesuksesan pencapaian |
Bagaimana pelaksanaan program untuk pengembangan karakter dan budi pekerti siswa?
Apa yang dilakukan agar program ini berhasil? |
1. Pembagian tugas 2. Pembuatan jadwal 3. Agar program ini berhasil yang dilakukan yaitu komitmen yang baik antara siswa, guru dan juga orang tua |
A-tur eksekusi (Deliver) ● Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ● Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi) |
1. Siapa saja yang terlibat dalam pengambilan keputusan? 2. Bagaimanakah tolok ukur keberhasilan program peningkatan karakter dan budi pekerti siswa? | 1. Yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan juga orang tua 2. Tolok ukur program ini berhasil ketika siswa sudah terbentuk karakter dan budi pekertinya. |
0 komentar:
Posting Komentar